12 Penemuan Teknologi Yang Terinspirasi Oleh Alam

Perkembangan dunia teknologi semakin hari semakin pesat. Banyak ide-ide teknologi bermunculan, Namun tahukah kalian jika penemuan-penemuan yang tampak fantastis sebenarnya banyak terinspirasi oleh alam. Berikut ini beberapa penemuan teknolgi yang terinspirasi oleh alam seperti dikutip dari omgfacts.

1. Kereta Api Shinkansen
Kereta Api Shinkansen
Kereta api peluru atau Shinkansen di Jepang adalah contoh utama dari biomimicry (inovasi yang terinspirasi oleh alam). Untuk mengurangi suara dari kereta api berkecepatan tinggi, insinyur Jepang terinspirasi oleh burung kingfisher. Burung ini dapat melesatkan paruhnya ke dalam air dengan kecepatan tinggi tanpa membuat begitu banyak riak air.

2. Velcro
Velcro
Insinyur Swiss George de Mestral muncul dengan ide untuk velcro (peranti populer untuk mengikat dua sisi kain). Ketika pulang setelah melakukan perjalanan ke pegunungan Alps, ia menemukan pakaiannya di penuhi benih tanaman yang menempel di tubuhnya. Ide membuat velcro (perekat berkait) muncul setelah ia mengamati dengan mikroskop bahwa benih-benih itu memiliki kait yang membuat dapat terkait dengan bahan pakaian.

3. Perekat GeckSkin
Perekat GeckSkin
Tokek dilahirkan dengan kemampuan luar biasa, dapat menempel di dinding halus dan berlari dengan cepat pada posisi terbalik di langit-langit. Kakinya memiliki cengkeraman yang kuat karenan memiliki jutaan rambut mikroskopik di bawah kakinya.

Sejumlah peneliti dari Universitas Massachusetts, Amherst, telah mengembangkan Geckskin, sebuah perekat dengan kemampuan daya rekat yang kuat. Perekat ini bisa menggantikan jahitan dan staples di rumah sakit. Dengan penemuan ini, ide untuk memiliki kemampuan untuk dapat memanjat di dinding vertikal seperti spiderman mungkin dapat terwujud.

4. Mobil Bionik Mercedes Benz
Mobil Bionik Mercedes Benz
Diluncurkan pada tahun 2005, konsep design bodi mobil ini terinspirasi oleh bentuk aerodinamis dari ikan kotak kuning. Tubuh ikan ini ternyata memiliki sifat aerodinamis yang luar biasa, dan konsep mobil  ini merupakan salah satu bentuk yang paling efisien untuk mobil seukurannya.

5. Pesawat Mata-Mata COM-BAT
Pesawat Mata-Mata COM-BAT
Dalam sebuah proyek yang didanai oleh pihak militer, para peneliti di Universitas Michigan mengembangkan pesawat mata-mata berukuran enam inci yang menggunakan anatomi sayap dan gaya komunikasi kelelawar untuk mengirimkan informasi tentang pemandangan dan suara pada zona tempur di daerah perkotaan.

6. Water Cube Beijing
Water Cube Beijing
Dibangun ketika menjadi tuan rumah event aquatik pada Olimpiade 2008 di Beijing, desainWater Cube terinspirasi dari struktur gelembung sabun. Selain terlihat keren, gelembung membuat bangunan tahan gempa.

7. Warna Pada E-Readers
Warna Pada E-Readers
Alasannya kenapa dapat membaca E-Readers tanpa membuat mata Anda sakit berkat kupu-kupu. Konsep warna pada sayap kupu-kupu membuat berbeda daripada tampilan warna pada komputer.

8. Bodi Perahu
Bodi Perahu
Pola mikroskopis kulit hiu mampu mengurangi grid dan mencegah mikroorganisme menumpuk di permukaan perahu. NASA bekerja sama dengan 3M untuk menghasilkan lapisan permukaan pada perahu seperti lapisan kulit hiu.

9. Kaca Ornilux
Kaca Ornilux
Beberapa laba-laba menjaga jaringnya dengan membuat lapisan tambahan halus yang dapat memantulkan sinar ultraviolet sehingga burung tidak terbang ke sarang mereka. Insinyur Jerman menggunakan strategi yang sama untuk memecahkan masalah burung yang sering menabrak jendela dan pintu kaca. Kaca Ornilux adalah pola kaca khusus yang terlihat oleh burung tapi tidak dengan manusia.

10. Turbin Angin
Turbin Angin
Pernah bertanya-tanya bagaimana paus besar bisa bergerak begitu anggun di air? Ini karena paus memiliki banyak punggung bukit bergelombang pada sirip mereka yang disebut tuberkel. Frank Fish, seorang profesor di Universitas Chester West, menemukan bahwa menambahkan benjolan mirip sirip paus ke bilah turbin angin dapat mengurangi grad (tarikan) dan kebisingan sambil meningkatkan kecepatan dan jumlah energi yang dimanfaatkan.

11. Peringatan Tsunami
Peringatan Tsunami
Terinspirasi oleh komunikasi lumba-lumba, EvoLogics mengembangkan sensor bawah laut yang memancarkan sinyal frekuensi tinggi untuk mendeteksi dan melaporkan gempa bumi bawah laut  sebagai tanda peringatan tsunami.

12. Lampu LED Efisien
Lampu LED Efisien
Cahaya yang dihasilkan kunang-kunang sangat terang karena struktur anatominya bergerigi seperti sisik. Para ilmuwan meniru struktur perut serangga kunang-kunang untuk meningkatkan efisiensi lampu LED sebesar 55 persen.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: