Foldscope, Mikroskop Dari Kertas Origami

Foldscope, Mikroskop Dari Kertas Origami
Foldscope adalah mikroskop portabel dan serbaguna yang sebagian besar terbuat dari kertas. Meskipun terbuat dari kertas, Foldscope bersifat water proof (tahan air) sehingga tidak perlu khawatir akan rusak oleh air. Dengan Foldscope, kita dapat melihat bakteri atau sel yang berukuran mikroskopik tanpa perlu membawa mikroskop yang berukuran besar.

Dinlansir dari Dailymail, Foldscope memiliki berat yang sama dengan sepotong koin 50 sen dan berukuran kecil sehingga muat di saku. Dengan ukuran yang jauh berbeda dari mikroskop pada umumnya, namun hasil yang didapat hampir sama baiknya. Mampu melakukan hingga lebih dari 2000 kali pembesaran.

Foldscope, Mikroskop Dari Kertas Origami
Gambar hasil pembesaran menggunakan Foldscope.
Foldscope telah diuji oleh ahli biologi Amerika, Aaron Pomerantz. Ia menghabiskan waktunya satu bulan di hutan hujan Amazon, Peru di mana ia menggunakan Foldscope untuk melihat dan mengamati makhluk hidup disana.

Foldscope, Mikroskop Dari Kertas Origami
Manu Prakash dan Jim Cybulski
Foldscope diciptakan oleh Manu Prakash dan Jim Cybulski, Jim adalah seorang mahasiswa PhD di Teknik Mesin di laboratorium Prakash, Universitas Stanford. Inspirasi untuk Foldscope datang dari kerja lapangan di seluruh dunia (khusus kunjungan ke Thailand pada tahun 2011) di mana mereka terus-menerus mengalami masalah besar yaitu kerusakan mikroskop.

video

Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: